Kamis, 01 November 2012

Alat Musik Daerah Papua


1.  Tifa
Tifa adalah alat musik yang berasal dari maluku dan papua, bila diperhatikan sekilas Tifa  mirip dengan gendang. Cara dimainkan adalah dengan dipukul. Terbuat dari sebatang kayu yang dikosongi atau dihilangi isinya dan pada salah satu sisi ujungnya ditutupi, dan biasanya penutupnya digunakan kulit rusa yang telah dikeringkan untuk menghasilkan suara yang bagus dan indah. bentuknyapun biasanya dibuat dengan ukiran. tiap suku di maluku dan papua memiliki tifa dengan ciri khas nya masing-masing.

Tifa biasanya dimainkan untuk mengiringi tarian tradisional, seperti Tarian perang, Tarian tradisional asmat,dan Tarian gatsi. Tarian ini biasanya digunakan pada acara-acara tertentu seperti upacara-upacara adat maupun acara-acara penting lainnya.
Alat musik tradisional Tifa ini, banyak digunakan oleh penduduk Papua dan Maluku.
Ada beberapa macam jenis alat musik Tifa seperti Tifa Jekir, Tifa Dasar, Tifa Potong, Tifa Jekir Potong dan Tifa Bas.
img


2. Triton
 Triton adalah alat musik tradisional masyarakat Papua. Triton merupakan alat musik yang cara penggunaannya dengan cara ditiup. Alat musik ini terdapat di seluruh pesisir pantai yang ada di Papua, terutama di daerah Biak, Yapen, Waropen, Nabire, Wondama, serta kepulauan Raja Amat. Awalnya, alat ini hanya digunakan untuk sarana komunikasi atau sebagai alat panggil/ pemberi tanda dan sebagai alat panggil. orang lain. Selanjutnya, alat ini juga digunakan sebagai sarana hiburan dan alat musik tradisional
alat musik triton alat musik papua irian jaya 300x176 Alat Musik Tradisional Indonesia
3. Pikon
Pikon berasal dari kata pikonane. Dalam bahasa Baliem, Pikonane berarti alat musik bunyi. Alat ini terbuat dari sejenis bambu yang beruas-ruas dan berongga bernama Hite. Pikon yang ditiup sambil menarik talinya ini hanya akan mengeluarkan nada-nada dasar, berupa do, mi dan sol. Walau kelihatan sederhana, namun ternyata tak semua orang bisa menggunakan alat musik tradisional Papua ini.

1 komentar: