Halaman

Sabtu, 03 November 2012

Obat Tradisional Asma


Penyakit asma biasanya disebabkan oleh keturunan atau alergi. Asma tidak disebabkan oleh jenis kuman tertentu. Oleh karena itu, penyakit ini tidak menular. Pada serangan penyakit ini pita pernapasan menyempit dan dalam keadaan tegang sehingga jalannya pernapasan terhambat (tersengal-sengal). Selain itu, lendir yang berada dijalan pernapasan tidak bisa keluar. 


Napas akan normal kembali setelah serangan kejang reda. Untuk itu, obat dan perawatan asma diusahakan untuk melonggarkan pernapasan. Penyakit asma yang sudah kronis (berlangsung lama) dapat mempengaruhi  paru-paru dan jantung dan  dapat menjadi lemah. Penderita asma sering mendapat serangan mendadak akibat perubahan udara yang terlalu lembab dan debu  yang berlebihan.


Pada waktu kumat, napas sesak sekali sehinggga  penderita hanya bisa duduk telungkup, banyak mengeluarkan keringat dingin dan kelihatan sangat lelah. Penderita asma biasanya badannya tidak panas. Jika ada penderita asma yang disertai dengan badan panas, dapat dipastikan ada penyakit komplikasi. Perawatan bagi penderita asma disarankan latihan pernapasan pada pagi hari atau menjelang tidur serta berusaha selalu tenang (jangan mudah emosi, jangan ada perasaan tertekan), dan menjauhi makanan yang menjadi penyebab  penyakit asma.

Resep Obat Tradisional Asma
Bahan :
Jahe .......................... 1 ½  jari tangan
Bawang putih tua ...... 3 biji
Kayu cendana ..... ...... ½ jari tangan

Cara Meramu :
Bakar jahe, jangan sampai hangus.Setelah itu kupas dan geprek memarkan. Kupas bawang putih dan iris tipis. Kemudian rebus kedua bahan bersama kayu cendana dalam 3 gelas air hinggga tersisa separuhnya. Angkat dan saring. Simpan ramuan obat tadisional asma dalam botol steril.

Aturan Pakai :
Minum ramuan dengan disis sebagai berikut,
-            Anak umur  5 – 8 tahun, 3 kali sehari, masing-masing 3 sendok makan
-            Anak umur 9 – 12 tahun, 3 kali sehari, masing-masing 6 sendok makan
-            Dewasa, 3 kali sehari, , masing-masing 8 sendok makan

Peringatan :
Walaupun sudah minum ramuan obat tradisional asma ini, penderita tetap harus mentaati peraturan dan pantangan makan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar